Monday, October 8, 2012

Tak Kenal Maka Tak Sayang


logo petasoft
Logo Petasoft
Seperti ungkapan pepatah, ‘tak kenal maka tak sayang’, oleh karena itu kami bermaksud mengenalkan diri kami dan sejarah ‘hidup’ kami mulai dari awal hingga sekarang. Semoga melalui ‘perkenalan’ ini kita dapat saling mengenal lebih jauh dan dapat saling memberi manfaat satu dengan yang lainnya. Selamat ‘berkenalan’ dengan kami !
Sejarah ‘hidup’ kami bermula pada sekitar pertengahan tahun 2007. Pada waktu itu, pendiri kami tanpa sengaja menemukan dan membaca sebuah buku yang sangat menarik di perpustakaan universitas tempatnya menempuh studi. Buku berjudul ‘The Google Story’ tersebut bercerita tentang perusahaan mesin pencarian online terbesar dunia saat ini. Cerita yang diungkapkan dalam buku tersebut berawal dari munculnya ide akan mesin pencarian online yang lebih baik dari yang sudah ada, pembuatan mesin pencarian online, penamaan awal, penawaran teknologi pencarian yang berhasil diciptakan ke perusahaan internet lain, pencarian investor, pendirian perusahaan, hingga kemudian sukses yang berhasil diraih. Semua kisah yang dituliskan dengan menawan dalam buku tersebut telah menggugah semangat dan antusiasme pendiri kami untuk juga dapat membangun serta memiliki perusahaan teknologi hebat sekelas Google dan bahkan melebihinya.
Impian awal tersebut kemudian diceritakan kepada beberapa orang rekan yang dapat dipercaya dan beberapa dari mereka pun tampak antusias serta memberikan dorongan dan dukungan untuk dapat benar-benar mewujudkannya di masa depan. Waktu semakin berlalu, hingga pada tahun 2009 akhir keinginan tersebut semakin memuncak. Dan pada puncaknya, di awal tahun 2010, tepatnya pada bulan Januari, lahirlah nama Petasoft dan dengan segera logo bisnis pun dibuat dengan bantuan seorang rekan pendiri kami yang memang dikenal jago dalam hal desain. Logo yang sederhana, menarik, menawan, dan dibuat dengan biaya terjangkau tersebut terus kami gunakan hingga sekarang ini.
Perihal nama kami sendiri, nama tersebut dibagi atau terdiri dua suku kata yaitu Peta dan Soft. Peta awalnya merupakan singkatan dari Peter Adi yang merupakan nama pendiri kami dan Soft singkatan dari Software, jadi arti lengkap dari nama kami adalah Peter Adi Software (bisnis software milik Peter Adi). Namun seiring berjalan waktu, pendiri kami menyadari bahwa kata Peta memiliki makna yang lebih luas yaitu petunjuk arah atau panutan atau acuan atau standar. Oleh karena itu, di kemudian hari, pendiri kami memutuskan bahwa kata Peta bukan lagi singkatan dari namanya, namun bermakna sebagai Peta yang sesungguhnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nama kami menyatakan cita-cita kami untuk menjadi acuan atau barometer atau peta atau panutan atau standar dalam industri perangkat lunak di seluruh dunia, minimal di Indonesia.

Walaupun nama dan logo bisnis sudah ada, namun bisnis tersebut belumlah dijalankan dengan sepenuh fokus dan upaya, sebab kala itu pendiri kami sedang ‘mendua’, apakah akan fokus membesarkan usaha ini atau mengurus kuliah dulu hingga tuntas. Walaupun di tengah keraguan, namun kami memutuskan untuk tetap terus berjalan dengan mengerjakan sejumlah aplikasi kecil yang kami gunakan sendiri dan tidak kami publikasikan untuk pihak luar maupun sejumlah aplikasi kecil lain yang digunakan oleh pihak luar untuk mendukung kegiatan pembelajaran mereka.
Setelah selama beberapa waktu ‘mendua’, akhirnya menjelang akhir tahun 2011 diputuskan bahwa pendiri kami akan fokus seratus persen mengurus serta membesarkan bisnis ini. Hal ini dipicu oleh terselesaikannya suatu proyek pengerjaan aplikasi yang nilainya cukup besar untuk kami waktu itu. Proyek tersebut kemudian memancing atau memicu didapatnya sejumlah proyek lain yang terus berdatangan hingga sekarang.
Keputusan untuk menjalankan dengan sepenuh waktu yang dibuat menjelang akhir tahun 2011, pada akhirnya resmi dijalankan di awal tahun 2012. Beragam upaya kami perbuat untuk dapat mengerjakan serta memperoleh lebih banyak proyek pengembangan aplikasi agar usaha yang kami jalankan dapat terus berjalan dan semakin membesar. Selain itu kami juga terus memikirkan produk atau layanan yang akan kami kembangkan untuk seluruh pelanggan maupun calon pelanggan kami. Dari awal tahun 2012 hingga saat tulisan ini dimuat, kami telah berhasil menyelesaikan pembuatan 4 aplikasi pendukung pendidikan dan masih menyisakan 6 aplikasi lagi yang kami targetkan dapat tuntas semua sebelum akhir tahun ini.
Demikianlah sejarah singkat ‘hidup’ kami. Semoga sejarah singkat ini dapat menjadi awal perkenalan kita dengan kalian dan dapat menjadi awal mula terjalinnya hubungan kerjasama bisnis yang menarik dan berkesinambungan untuk memberikan manfaat dan keuntungan bagi kita semua. Biarlah pula sejarah singkat dapat menjadi awal mula perkenalan kita, sehingga kita semua dapat saling menyayangi dan menjalin kerjasama erat. Untuk menghubungi kami untuk menjalin kemitraan bisnis maupun memperoleh layanan pengembangan aplikasi dari kami dapat mengirimkan email ke petasoftinc@gmail.com. Kami nantikan perkenalan, email, maupun jalinan kemitraan dari rekan-rekan sekalian.

No comments:

Post a Comment