Sunday, September 1, 2013

Quick and Dirty

Dalam bidang komputer secara umum maupun bidang pemrograman komputer secara khusus, terdapat banyak istilah yang mungkin sebagian besar orang yang telah berkecimpung di dalamnya belum pernah dengar atau ketahui sebelumnya. Memang tidak semua istilah tersebut harus atau perlu diketahui, namun tidak ada salahnya juga jika kita mengetahuinya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara ringkas salah satu istilah yang terdapat pada bidang pemrograman komputer, yaitu istilah Quick and Dirty.

Quick and Dirty merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mengacu kepada segala sesuatu yang merupakan suatu cara termudah dalam menerapkan suatu jalur pintas berupa suatu solusi awal yang bersifat sementara terhadap suatu permasalahan tertentu. Istilah ini sangat terkenal diantara para pemrogram komputer yang menggunakannya untuk menjelaskan suatu solusi kasar atau penerapan pemrograman yang belum dapat dikatakan sempurna, tetapi dapat dianggap sebagai suatu solusi yang dapat mengatasi atau mengkaburkan untuk sementara permasalahan yang ada, dimana solusi tersebut umumnya merupakan solusi yang lebih cepat dan lebih mudah diterapkan dibandingkan solusi akhir yang sebenarnya. Istilah ini juga digunakan dalam ilmu pengetahuan kognitif untuk menjelaskan proses berpikir awal yang mencoba untuk memproses informasi secara cepat menggunakan suatu cara yang sederhana sebelum mengupayakan untuk memproses informasi tersebut dengan menggunakan proses yang memerlukan sumber daya lebih banyak.

Solusi quick and dirty seringkali dimunculkan untuk suatu jenis atau bagian tertentu dari suatu permasalahan, dibandingkan mencoba untuk memunculkan suatu solusi yang mencoba menyelesaikan penyebab dari suatu permasalahan yang lebih umum. Namun terkadang solusi ini juga digunakan untuk mengupayakan agar suatu bagian tertentu dari suatu software atau hardware agar dapat bekerja secara permanen.

Salah satu contoh penggunakan istilah quick and dirty adalah pada pemberian nama dari sistem operasi yang dihasilkan oleh Seattle Computer Products dan yang merupakan cikal bakal dari sistem operasi Microsoft yang sangat terkenal MS-DOS, yaitu Quick and Dirty Operating System (QDOS).

Semoga artikel nan sederhana dan ringkas ini dapat memberikan wawasan baru yang bermanfaat bagi kita semua.



No comments:

Post a Comment