Thursday, September 5, 2013

What Is An Object ?

Bagi mereka yang berada di dunia teknologi informasi, khususnya bidang pemrograman komputer, dan lebih spesifik lagi yaitu pemrograman berorientasi obyek, tentu istilah obyek (object) sudah sering mereka dengar dan bahkan sudah mereka pahami. Namun bagaimana untuk orang yang tidak melakukan (mempelajari) pemrograman berorientasi obyek atau bahkan tidak berada di bidang pemrograman sama sekali ? Kemungkinan besar istilah tersebut merupakan istilah yang asing bagi mereka. Semoga artikel ringkas dapat bermanfaat bagi mereka yang tidak mengenal pemrograman berorientasi obyek.

Secara umum dalam bidang ilmu komputer (computer science), istilah obyek mengacu kepada suatu lokasi (alamat) tertentu dalam memori komputer yang memiliki suatu nilai dan direferensikan oleh suatu pengenal (identifier). Suatu obyek dapat berupa variable, fungsi, atau struktur data. Dalam bidang pemrograman berorientasi obyek, istilah obyek mengacu pada suatu instance dari suatu kelas (class). Suatu obyek pada dasarnya merupakan struktur data yang tergabung (menjadi satu) dengan rutin-rutin terkait yang dapat digunakan untuk memproses struktur data tersebut. Sebagai contoh, suatu file dapat dianggap sebagai suatu obyek, yaitu kumpulan dari data serta rutin yang digunakan untuk melakukan baca dan tulis terhadap data tersebut. Dalam bahasan yang lebih umum, kita memang sering menyebut suatu file sebagai suatu kelas, padahal sebenarnya suatu file adalah suatu obyek.

Dalam pemrograman berorientasi obyek, suatu obyek biasanya juga diartikan sebagai suatu kumpulan dari atribut (elemen obyek) dan tingkah laku (behavior) yang dapat berupa method atau subrutin yang membungkus suatu entitas serta keberadaannya bersifat sementara saja. Berbeda dengan tipe data sederhana atau primitif, obyek merupakan tipe data kompleks yang memuat banyak potongan (kumpulan) informasi serta properti (atribut) tertentu. Oleh karena itu, suatu obyek tidak hanya dapat sekedar diberi (diisi) oleh suatu nilai, namun perlu “dibangun” (constructed). Contoh pada dunia nyata, jika kendaraan adalah suatu kelas, maka mobil, sepeda motor, dan sepeda merupakan obyek dari kendaraan yang masing-masing memiliki properti serta fungsi yang spesifik. Obyek merupakan suatu kunci dalam konsep turunan (inheritance), yang dengan demikian dapat meningkatkan reliabilitas program, memudahkan perawatan (maintenance) program, manajemen library, serta pembagian kerja dalam tim pengembang.

Demikian sekilas tentang definisi dan peranan obyek, khususnya dalam bidang pemrograman berorientasi obyek. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan nantikan artikel kami selanjutnya. Jika Anda membutuhkan layanan kami, dapat kontak kami melalui alamat email: petasoftinc@gmail.com. Follow juga twitter kami di @petasoftinc.

No comments:

Post a Comment