Saturday, August 31, 2013

Vehicle Routing Problem Software

Software ini dikembangkan sebagai bagian dari penelitian tugas akhir. Software ini menerapkan dua buah algoritma yang dapat digunakan untuk mengatasi (menyelesaikan) permasalahan penentuan rute kendaraan secara otomatis, yaitu algoritma genetika dan algoritma simulated annealing. Penggunaan dua jenis algoritma tersebut membuat software ini memiliki dua macam fitur utama, yaitu fitur untuk algoritma genetika dan fitur untuk algoritma simulated annealing. Masing-masing fitur tersebut memiliki jenis pengaturan parameter yang berbeda agar dapat digunakan dengan baik. Selain menggunakan pengaturan parameter yang berbeda sesuai dengan jenis fitur algoritma, juga terdapat tiga buah pengaturan parameter yang bersifat umum sesuai dengan jenis kasus yang hendak dipecahkan, yaitu penentuan rute kendaraan. Adapun tiga buah parameter yang bersifat umum tersebut adalah jumlah kendaraan, kapasitas muatan masing-masing kendaraan, dan jumlah customer yang harus dilayani oleh seluruh kendaraan yang tersedia.
Tampilan Software Vehicle Routing Problem
Antar muka (user interface) software cukup sederhana, seperti dapat dilihat pada gambar yang kami sertakan di atas. Supaya dapat menjalankan (menggunakan) software ini, pengguna hanya perlu memasukkan sebuah file yang berisi sejumlah informasi terkait dengan kendaraan yang digunakan serta lokasi customer dan memasukkan sejumlah pengaturan yang diperlukan (baik pengaturan umum maupun pengaturan yang sesuai dengan jenis algoritma yang hendak digunakan). Setelah semua yang dibutuhkan oleh sistem software ini untuk dapat melakukan pekerjaannya telah dimasukkan, maka pengguna cukup menekan tombol Start yang telah disediakan untuk meminta software melakukan pekerjaannya. Hasil dari proses yang dilakukan oleh software ini berupa penggambaran rute yang dianggap paling efisien dan efektif berdasarkan sejumlah faktor perhitungan. Output dari software ini ditampilkan pada sisi paling kanan dari antar muka software.

Begitulah gambaran ringkas dan singkat mengenai salah satu portofolio software yang pernah kami kembangkan. Software ini kembangkan antara bulan September 2012 hingga bulan November 2012. Semoga informasi yang singkat ini dapat bermanfaat bagi Anda semua, khususnya yang memerlukan beragam software komputer maupun jenis aplikasi lainnya. Silakan hubungi kami melalui email petasoftinc@gmail.com atau Anda dapat terhubung juga dengan akun twitter kami di @petasoftinc.

No comments:

Post a Comment